IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBANGUNAN DAN KEMANTAPAN JALAN, JEMBATAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AMOS UNTUK MELIHAT HUBUNGAN ANTAR VARIABEL TERHADAP INDIKATOR PADA KECAMATAN MEUREUBO - ACEH BARAT

WILLY ADE ANDRIYANTO, NIM : 1605903020011 (2021) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBANGUNAN DAN KEMANTAPAN JALAN, JEMBATAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AMOS UNTUK MELIHAT HUBUNGAN ANTAR VARIABEL TERHADAP INDIKATOR PADA KECAMATAN MEUREUBO - ACEH BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEUKU UMAR.

[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu penunjang utama dalam percepatan proses pembangunan nasional. Infrastuktur darat berupa jalan, jembatan. insfrastruktur darat dapat menghubungkan berbagai macam sektor perekonimian baik yang baru maupun berkembangnya perekonimian yang sudah ada. Salah satu wilayah yang terhambat pembangunan infrastruktur adalah di Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi faktorfaktor penghambat pembangunan dan kemantapan jalan, jembatan menggunakan software AMOS 20.0 untuk melihat hubungan antar variabel terhadap indikator di Kecamatan Meureubo dengan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM). Lokasi penelitian berada di Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dengan objek penelitian pada pembangunan dan keamantapan jalan, jembatan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan dari berbagai pengujian didapatkan nilai chisquare sebesar 212,980; nilai probabilitas adalah 0,093; nilai CMIN/DF adalah 1,139; nilai RMSEA adalah 0,029; nilai GFI adalah 0,919; nilai AGFI adalah 0,880; nilai TLI adalah 0,983; nilai CFI adalah 0,987; dan nilai NFI adalah 0,776. Selanjutnya berdasarkan hipotesis awal Kuantitas Bengaruh positif terhadap Kualitas dengan angka korelasi sebesar 0,88. Disusul Kualitas terhadap Pembiayaan dengan angka korelasi sebesar 0,24. Dan selanjutnya Pembiayaan terhadap politik dengan angka korelasi sebesar 0,76. Kemudian politik terhadap SDM dengan angka korelasi sebesar 0,96. Kemudian SDM terhadap PK dengan angka korelasi sebesar 0,79. Dan PK terhadap TRL dengan angka korelasi 0,89. Hasil analisis data diperoleh parameter dengan angka korelasi terbesar yaitu 0,96 yang disebabkan oleh faktor politik terhadap SDM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 31 May 2024 02:49
Last Modified: 31 May 2024 02:49
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item
View Item