POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus Di SMPLB Kabupaten Aceh Barat Daya)

KHAIRUN NISA, NIM: 1705905030068 (2021) POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus Di SMPLB Kabupaten Aceh Barat Daya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEUKU UMAR.

[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik yang dihasilkan. Fokus dalam penelitian ini yaitu mengenai pola komunikasi guru dengan siswa penyandang disabilitas dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan yang cenderung menggunakan analisis berupa data. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive samping, terhadap 9 informan yang dipilih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pola komunikasi antara guru dan siswa penyandang disabilitas dalam memotivasi belajar yaitu menggunakan pola komunikasi roda. Peran guru dalam memotivasi belajar antara lain: (1) percakapan/tanya jawab (2) menumbuhkan rasa percaya diri (3) kegiatan membaca dan menulis (4) memberikan kesempatan tampil kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 16 May 2023 02:09
Last Modified: 16 May 2023 02:09
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item