KHAIRUN NISA, NIM: 1705905030068 (2021) POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus Di SMPLB Kabupaten Aceh Barat Daya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEUKU UMAR.
BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Komunikasi antarpribadi merupakan suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik yang dihasilkan. Fokus dalam penelitian ini yaitu mengenai pola komunikasi guru dengan siswa penyandang disabilitas dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan yang cenderung menggunakan analisis berupa data. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive samping, terhadap 9 informan yang dipilih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pola komunikasi antara guru dan siswa penyandang disabilitas dalam memotivasi belajar yaitu menggunakan pola komunikasi roda. Peran guru dalam memotivasi belajar antara lain: (1) percakapan/tanya jawab (2) menumbuhkan rasa percaya diri (3) kegiatan membaca dan menulis (4) memberikan kesempatan tampil kedepan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Teuku Hermilan, S. IP |
Date Deposited: | 16 May 2023 02:09 |
Last Modified: | 16 May 2023 02:09 |
URI: | http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/903 |